Wednesday, January 26, 2022

Tayamum dan Shalat di Pesawat

Dalam kondisi apa dan bagaimanapun seorang muslim tetap  terkena  kewajiban  menunaikan shalat

lima waktu pada waktunya secara sempurna. Namun da1am kondisi tertentu seperti sakit, sedang  berada  di perjalanan, tidak mendapatkan sesuatu yang  digunakan untuk bersuci  atau  karena  faktor  yang  lain, seseorang diperkenankan  menunaikannya sesuai dengan kemungkinan dan kemampuan yang ada saat itu. Ini sebagaimana

fuman  Allah dalam Al-Qur'an yang artinya :     ''Allah'  tidak  akan memberikan beban kewajiban kepeda seseorang kecuali berdasarkan  kemampuannya." (Al-Baqarah : 286)                                         -                                

Salah satu praktiknya seperti yang dialami oleh jamaah haji di dalam  pesawat ketika sudah  masuk  waktu  shalat. Salah satu syarat sahnya shalat adalah suci dari hadas besar dan  kecil serta  najis.  Untuk menjaga  dari  hadas  besar dan najis,  barangkali  banyak orang bisa  melakukannya, tapi sebaliknya sedikit orang yang bisa menjaga diri tetap suci dari hadas kecil sehingga untuk  menjalankan shalat mereka harus berwudhu  dengan air yang mensucikan atau tayamum dengan debu terlebih-dahulu.

  Melihat fasilitas air di pesawat dengan kapasitas penurnpangnya, rasanya  tidak  mungkin para  jamaah haji mendapatkan air wudhu,  begitu pula ketika akan tayamum, sulit mendapatkan debu meski disandaran kursi sekalipun sesulit mendapatkan air di pesawat.                                                    

Dengan  demikian  tayamum di pesawat  memang  belum memenuhi syarat, dengan kata  lain  tidak  sah  karena  tidak terdapat debu yang bisa digunakan  untuk bersuci.

Koodisi semacam itu dimana seseorang ticlak bisa mendapatkan alat untuk bersuci (air.dan debu) dalam terminologi fikih disebut faqidu at-thahurain.  Dalam kondisi  ini  seseorang  tetap wajib menjalankan shalatnya sendiri-sendiri karena hurmatu al-wakti bukan  Liada   al-fardhi.  Oleh karena  itu  mereka   diwajibkan i'adah (mengulangi shalatnya)  ketika  sudah  memungkinkan bersuci.

Adapun  masalah  berjamaah  di pesawat bisa dibuat dua asumsi. Asumsi pertama, semua penumpang baik yang menjadi imam  atau makmum dalam  keadaan faqidu at-thahurain. Jamaah dengan  imam  yang  faqidu ath-thahurain tidak  sah karena  shalatnya  wajib  i'adah.

Asumsi kedua, dalam  pesawat  penumpang masih dalam keadaan  sud karena  masih  memiliki .wudhu, mereka  dapat menjalankan shalat sendiri atau berjamaah, Bolehkah menjalankannya dengan  duduk?  Menurut Syafi'iyah apabila tidak  mungkin  shalat dengari  berdiri  kerena  kesulitan  atau kepayahan ( 'ajzu) atau kemungkinan  mabuk udara maka boleh shalat dengan duduk:  (Al-Fiqhu Al-Islami II, 826).

Kalau diteliti lebih lanjut,  'ajzu itu tidak bisa dilihat  dari faktor internal individu ansich, tapi juga faktor ekstemal meliputi ruang  dan jalannya  tumpangan,  dalam  hal · ini pesawat  yang tidak memungkinkan  seseorang shalat dengan berdiri.

Jadi, jamaah dengan duduk bagi penumpang pesawat boleh-boleh saja sepanjang dipenuhi  syarat-syaratnya  yang meliputi, Pertama, niat makmum bagi makmum. Kedua, shalat yang dijalankan antara imam  dan  makmum adalah  shalat  yang sama. Ketiga, makmum tidak berada di depan imam, yang dalam praktiknya yang menjadi standar adalah pantat imam (makmum tidak maju melebihi pantat imam). Keempat, jamaah berada di satu tempa't sehingga makmum bisa melihat dan mendengarkan suara imam. Melihat dan mendengar  imam tidak harus secara langsung karena syarat itu  bisa  terpenuhi dengan melihat makmum di depan atau sampingnya yang secara bersambungan dapat  melihat  imam. Dan yang kelima,  makmum  mengikuti shalatnya imam.  (Al..Piqhu Al-Islsmi: I, 1240-1252).

sumber : Dialog dengan Kiai Sahal Mahfudh



No comments:

Post a Comment